Tentang Grup Chat Serabe.

Finally aku bisa kembali menulis disini, setelah sekitar 5 bulan aku benar-benar stop dan kehilangan vibes ku. Sekarang aku kembali untuk meraih vibes yang sempat hilang itu. Anjay.

Oke, kali ini aku ingin membicarakan tentang beberapa orang baik dari sekian banyak orang baik yang ada disekitarku

‘Teman Kuliah’

Beberapa orang mengatakan bahwa teman kuliah itu ga seseru teman sekolah, cenderung ambisius, kompetitif dan individual. Katanya pertemanan di bangku perkuliahaan itu ga seasik dan ga seseru pertemanan di bangku sekolah.

But sorry to say, aku ga sepenuhnya relate dengan itu karna aku punya mereka.


Kita ga pernah menganggap kita ini satu geng atau circle karna pada dasarnya kita ini suka main atau nimbrung dengan teman yang lainnya.

B-b-but before that, let me introduce my friends a little bit.

 

Ajeng, she is like a bunda in my eyes. Bcs she is the eldest one and she is soo mature, humble and wise than 3 of us. Also, she’s the center in our group.

Tasya, I don’t know why but when i think about her, I feel like she’s the pretty one and famous’(Idk ca do not ask) and she’s soooo loveable.

Novita, (do not jyjyk on me cuz i call you novi lols) she’s the craziest one, but she kinda shyy and reserved. she’s sick, haha jk. Also, she’s the smartest and most diligent.

Alright, I’m done.

Jujur aku bersyukur banget sampai aku itu selalu mikir ulang, ‘kok bisa si aku bisa ketemu sama orang sebaik mereka? Karna aku sadar aku bukan orang yang sebaik itu’. Ga mencoba untuk merendah tapi itu yang aku rasain. Masha Allah.

Berawal dari ketemu opet di grup angkatan karna satu kelas, tapi pas ketemu dikelas diem-dieman kaya orang ga kenal(tandain si opet songong anaknya). Terus beberapa kali si taca ngajak ke Lawson bareng buat beli minum, tapi aku ga mau mulu haha.

Sampai akhirnya di mata kuliah PPKN aku satu kelompok sama tya (ajeng dia udah ga mau dipanggil ajeng lagi karna katanya itu panggilan anak sekolahan banget hahaha), saat itu aku nanya ke taca “Sya ajeng itu yang mana” dan taca nujuk tya yang duduk sendirian dipojokan depan kelas udah kek anak lagi dibully haha “Itu zil yang tomboy, dia enak/asik kok orangnya baik”.

Ga lama dari situ akhirnya taca manggil ajeng untuk gabung sama kita “Jeng sini aja”

Itulah awal mula pertemanan kita asekkkkk. Te no neng~.

Beberapa kali aku ngerasa culture shock bareng mereka, jujurly karna ini kali pertamanya aku bertemu orang yang kaya mereka.

Kaya gimana?

4 tahun kenal, kita ga pernah terlibat drama, ga pernah marah-marahan. Well marah, kesel, dan kecewa pasti pernah tapi dari yang aku liat, masing-masing dari kita selalu mencoba untuk mengerti dan menurunkan ego.

Hal kecil yang paling aku inget soal Hotspot, aku ini jarang banget punya kuota kalau keluar kerumah (if you know, you know) akhirnya dengan berat hati aku minta sama mereka dan mereka menyambut dengan senang hati dan bergembira ngasih aku hotspot “IH BOLEH BANGET” “Sini zila sama gua” “engga gua aja” mereka berebut mau ngasih aku hotspot.

Well, aku kaget karna ga pernah ada temen yang se-excited ini pas aku mintain  Hotspot mereka lols.

Dan mungkin itu alasan kenapa kita ga pernah berantem.

Mereka terlalu Positive Vibes untuk terlibat drama-drama, loyal parah, dan ga perhitungan. Dan memang sikap dan perilaku seseorang itu bisa menular, ga pernah sedikitpun kita ngomongin satu sama lain dibelakang, karna kita atau khususnya aku sendiri ga punya dendam apapun sama mereka.

Beberapa waktu yang lalu si tya nanya.

“Eh kalian tuh punya dendam ga si sama gua? Sumpah jujur aja gapapa”

Dan aku, taca, opet langsung terdiam dan mikir. Susana berubah jadi hening seketika. Pada saat itu aku sama sekali ga bisa mikir apa-apa karna emang ga ada dendam yang aku simpen tentang mereka. Begitu juga dengan opet dan taca.

“Ga ada sih”

“Ga ada anjir”

Dan tya pun melanjutkan “Sumpah gua ga ada kesel-keselnya sama kalian”

Agak impress sih karna ‘kok bisa’, sempet mikir juga ‘apa kita selama ini pakai topeng?’, tapi ga juga karna aku sendiri nyaman banget sama mereka dan kalau aku perhatiin sikap aku ke mereka dan sikap aku ke teman dekat ku yang lain ga jauh beda.

Next, seperti yang aku bilang sebelumnya, mereka itu loyal banget dan ga perhitungan. Kalau kita minta tolong sama mereka, dengan sigap mereka bakal nolongin dan bantuin kita dengan tulus.

2 Semester kita sekelas sampai akhirnya di semester 3 kita mulai mencar, tapi kita masih menyempatkan untuk kumpul bareng. Kita biasa kumpul di Lawson depan unpam udah tempat paling pewe buat kita. Beli popmie, minum, dan jajanan terus ngobrol banyak hal, kadang kita juga elearning bareng. Jarang banget kita pergi ketempat-tempat hits dan ramai anak muda, karna ternyata kita punya kesamaan kalau kita ga pernah nyaman pergi ketempat kaya gitu.

Tugas dan elearning selalu aman kalau sama mereka, karna mereka bener-bener merangkul bahkan ga jarang salah satu dari mereka yang suka ngerjain tugas sendiri dan tiba-tiba bilang ‘Tugas aman’ ‘Elearning udah dikerjain aman’ dichat atau digrup. Itu yang ngebuat kita itu jadi semangat belajar dan ngerjain tugas, kita main dulu-duluan siapa yang ngerjain tugas hahah. (bukan ngandelin tapi berebut ngerjain)

Namun sayang semua itu terhenti selama kurang lebih 2 tahun.

Covid-19

Pandemi merubah segalanya, jarang berjumpa, jarang pula chattingan. Masing-masing dari kita sempat berpikir kalau pertemanan kita sebatas teman kampus. Tapi BAM! Haha kalo ga pake efek BAM kayanya kurang asik.

Kuliah offline mulai diberlakukan lagi, saat itu bulan puasa tahun 2022. Akhirnya kita merencanakan acara bukber bareng. Karna satu dua hal rencana kita hampir gagal karna kesibukkan kita, tapi akhirnya itu bukan sekadar wacana belaka kita.

Selama bertemu, yang kita lakuin hanya ngobrol, ngobrol dan ngobrol. Saling sharing tentang banyak hal. Ah ini hal yang paling aku suka dari pertemanan kita, ga jarang kita berdiskusi tentang kehidupan, lingkungan, politik, budaya dan masih banyak lagi, jadi pertemuan kita ga hanya sekadar bergosip, bahkan kita jarang banget gosip. Kita terlalu asyik ngomongin hal random.

Dari pertemuan itu pertemanan kami semakin merekat. Kita jadi sering main dan kumpul bareng bahkan kita sampai pergi ke Bogor untuk KKN di desa opet tapi bohong, hahah ketawa dong aku lagi ngejokes ni jarang-jarang kan seorang Nazilah ngejokes, sumpah ga lucu jangan ketawa.

 

Bogor, 2022

Ini kali pertama kita nginep dan ngabisin waktu bareng, malam itu pertemanan kita semakin hangat karna malam adalah waktu yang tepat untuk deep talk. YA WALAUPUN aku tidur duluan karna kurang enak badan. Aku masih sempat mendengar percakapan mereka yang intens.

Seperti yang aku bilang, saat itu aku sakit. Beberapa kali terbangun dan membuat mereka kaget sampai berpikir aku ini kesurupan haha. Dan malam itu aku ga bisa tidur lagi dan mereka ngerangkul aku bahkan sampe masakkin aku makanan supaya aku makan. Iya aku sakit karna aku laper. Pada saat itu mereka benar-benar treat me like a queen atau lebih tepatnya sebagai pasien lols.

Paginya aku terhura banget pas inget perilaku mereka, baru terhuranya pagi karna malam itu aku antara sadar ga sadar haha. Kayanya aku beneran ketempelan deh L.

Paginya aku setelah aku sadar, akhirnya giliran aku yang cerita karna semalem aku ga cerita apapun. Baru cerita sedikit aku langsung terisak (anjay kan bahasa gue) dada aku benar-benar sesak dan tya langsung meluk aku kenceng banget.

Ketenangan, itu yang aku rasain.

Aku benar-benar merasa tenang banget pas ajeng eh tya maksudnya meluk aku dan setelah itu baru aku lanjut cerita lagi.

Mulai saat itu, setiap kali aku melihat dan bercerita sama mereka aku ga pernah bisa nahan tangis aku.

Begitupun mereka, setiap kali kumpul bareng dan di sesi deep talk pasti ada aja yang nangis. Seperti kalau belum nangis belum afdol.

 

Bulan kemarin, suasana benar-benar melow karna bulan kemarin minggu terakhir masuk kuliah. Setelah ini kita hanya perlu fokus sama skripsi kita.

Dan si tya yang paling melow diantara yang lain, dia ga berenti-berenti menyinggung soal ‘Kita ga punya alasan lagi buat ketemu selain kuliah’, mikir nantinya kita mulai sibuk sama kesibukkan kita masing-masing, alasan untuk bertemu semakin sedikit.

Dan selain pertemuan kita yang akan paling dikangenin dari kita itu ya isi grup chat kita

‘Nanti main dulu yu’ ‘Tapan gua belom kelar’ ‘Dosen gua belum dateng’ ‘Masih ada dosen’ ‘Satu matkul lagi guys’ ‘Lawson yuks’ ‘Kelen dikelas mana’ ‘Dosen udah dateng’ ‘Gua cabut hari ini’ ‘Gua mao abjal dikelas lu’ ‘Gua udah dikelas’ ‘Gua tunggu dilift’ ‘Semangat kuliahnya’ 'Jangan lupa ele' 'ele aman ya' 'tugas aman'.

Semoga gua masih bisa ngerasain ketawa ngakak sampe radang karna baca chat grup kita.


Pertemuan kemarin, kita main games kartu moodytalk. Dan kita semakin ngeluarin apa yang kita pendam dan apa yang kita rasakan selama kita berteman.

Satu pertanyaan yang opet dapet 'Apa yang membuatmu bertahan dengan circle mu sampai saat ini?'

Apa yang kita ga dapetin dari circle lain.

Merangkul mereka benar-benar merangkul, ga ada si paling menjajah di sini, kita semua sama rata.

Ga neko-neko mereka ga pernah sama sekali menuntut untuk ini-itu, aku suka banget kesederhanaan kita.

Tulus seperti yang aku bilang sebelumnya, mereka tulus dan ga pamrih. Perhatian dan ga fake.


Hal tersesak yang aku dapet dari pertemuan kemarin ketika tya bilang

'Ini semua ada masanya, dan sekarang ini ya masanya kita'

Kita sadar kalau akan ada masa dimana kita udah sibuk dengan hal lain, bertemu dengan orang lain, yang membuat kita ga bisa kaya gini lagi.

Tangisan pecah.


Dan yang terakhir banget nih.

 


Aku banyak berubah karna kalian

Ditulisan sebelumnya aku pernah bilang kalau salah satu alasan aku bisa bisa menjadi diri aku yang sekarang itu ya teman kuliah ku, itu kalian guys pet, ca, ya.

Kalian ingetkan betapa cupu dan diemnya aku dulu. Aku selalu anxious untuk bergaul dengan yang lainnya. Tapi kalian mengajarkan aku untuk terbuka dengan semua orang. Ya walau aku belum bisa seterbuka kalian, sehumble dan sefriendly kalian, tapi  i felt so much better. Kehidupan perkuliahan aku ga akan seasik ini tanpa kalian. Kalian semua menyelamatkan kehidupan perkuliahan ku.

Big and tight hug to you guys, thank you so so much for this 4 years. Love you guys.

Tya kemaren minta aku ngomong sayang, nih gua ngomong jalur ketikan tapi sayangnya gua bukan sekadar ketikan.

 

Nazilah sayang banget sama tya, taca, dan opet.

 

Ya allah rasanya mau peluk erat, air mata udah ngembeng ciyusan guys.

 

Dah ya

 

Annyeong

 

Sincerely, Nazilah

Saturday, 30th July 2022

 

 

 

 

Komentar